Loading

SMA Kartika XIX-5 Kota Cirebon Juara 2 Semaphore Jambore Pramuka SWK Tahun 2022


Penulis: Hafidz/Editor: Mbayak Ginting
1 Tahun lalu, Dibaca : 696 kali


SMA Kartika XIX-5 Kota Cirebon menyabet juara kedua dalam katagori Lomba Semaphore.

CIREBON, Medikomonline.com -  Dalam rangka HUT Ke-55 Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi Tahun 2022, digelar kegiatanJambore Pramuka Perkemahan Saka Wira Kartika (SWK)  di Secaba Rindam III/ Siliwangi Bandung pada Rabu-Kamis (10/11-8-2022).

Kegiatan yang diikuti sebanyak 280 Pramuka Penggalang dari berbagai daerah seperti Kota Cirebon, Cimahi, Bogor dan Kota Bandung tersebut berlangsung meriah. Acara diiisi dengan berbagai kegiatan dan lomba yang disambut antusias para peserta.

Dalam katagori Lomba Semaphore, SMA Kartika XIX-5 Kota Cirebon menyabet juara kedua  mendampingi peserta dari Kota Bandung yang menduduki juara pertama.

Semaphore sendiri adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan media bendera, dayung, batang, tangan kosong atau dengan sarung tangan. Sudah barangtentu melakukannya memerlukan ketelitian, kecermatan serta tingkat konsentrasi yang tinggi.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Kartika XIX-5 Kota Cirebon Dra Upi Fansuraeni melalui Wakasek Kesiswaan  Novi kepada Medikomonline mengatakan, pihaknya mengirimkan siswa-siswi kelas X, XI dan XII untuk mengikuti kegiatan perkemahan Jambore di Bandung tersebut bertujuan untuk mengasah kemampuan di bidang kepanduan sekaligus menambah pengalaman sehingga diharapkan mereka dapat menjadi pribadi yang mandiri, disiplin dan tangguh sebagai generasi penerus bangsa.

"Alhamdulillah berkat bimbingan pembina dan pelatih untuk lomba katagori Semaphore di Jambore Saka Wira Kartika tahun ini, kami memperoleh juara kedua. Adapun untuk katagori lomba lainnya seperti baris berbaris mesti belum memperoleh hasil maksimal, namun kami mengimbau kepada para siswa harus tetap semangat agar ke depannya bisa lebih baik lagi dan berharap agar para siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini dapat dijadikan pengalaman berharga sebab giat ini sejatinya membentuk pribadi yang mandiri, berdisiplin serta tangguh juga dapat lebih mengenal dunia kemiliteran,” ujar  Novi kepada Medikomonline.

Hal senada diungkapkan Pangdam III/Siliwangi Mayjen Kunto Arief Wibowo yang didamping Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi, Ketua Kwarcab Kota Bandung dan para pembina Pramuka saat membuka giat Jambore Saka Wira Kartika.

Seperti  dilansir dari beberapa sumber,  Mayjen Kunto Arief Wibowo mengatakan dirinya merasa bangga kepada para pelajar yang telah memiliki tekad menjadi anggota Pramuka dan bergabung menjadi Pramuka Saka Wira Kartika.

Kunto Arief Wibowo lebih lanjut berharap agar pelajar yang bergabung menjadi anggota Pramuka Saka Wira Kartika ini mampu menjadi generasi bangsa yang unggul, bermental tangguh, berkarakter, kreatif dan memiliki semangat cinta tanah air.

"Lebih dari itu, kalian harus mampu menjadi pelopor dan teladan bagi para pelajar dan generasi muda lainnya," pungkas Pangdam III/Siliwangi  Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Tag : No Tag

Berita Terkait