Loading

Jadi Hotspot Wisata Indramayu, Tim Tour Sepeda KLHK - RI Sambangi Ekoriparian Tjimanoek Lama Binaan Polytama


Penulis: Yonif -Editor: Dadan Supardan
1 Tahun lalu, Dibaca : 285 kali


Tim Tour Sepeda KLHK - RI

INDRAMAYU, MEDIKOMONLINE.COM - Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023, Polytama sebagai salah satu pelaku usaha di bidang petrokimia penghasil plastik resin polipropilena (PP) dengan komitmen untuk pelestarian lingkungan menyambut HPSN, serta bertepatan dengan rangkaian kegiatan aksi tour sepeda kampanye Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI).

Polytama menerima kedatangan rombongan tim tur sepeda tersebut di salah satu area program CSR Polytama, Ekoriparian Tjimanoek Lama.

Aksi kampanye “Jelajah Bersih Negeri” yang bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi aktif seluruh pihak agar “Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat” menjadikan pemberhentian di Ekoriparian Tjimanoek Lama, memiliki makna yang lebih berarti dan memiliki nilai tersendiri.

Ekoriparian Tjimanoek Lama binaan Polytama merupakan wujud nyata dari keberhasilan revitalisasi lingkungan hasil adanya partisipasi aktif dari pelaku usaha, pemerintah daerah dan masyarakat setempat.

Memasuki tahun ke-2 setelah diresmikan oleh Menteri LHK RI Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc., hari ini Ekoriparian Tjimanoek Lama merupakan hotspot tujuan wisata ruang terbuka hijau pertama di Jawa Barat yang mengolaborasikan unsur ekonomi, sosial dan lingkungan.

Adanya kesamaan dengan tujuan dari aksi “Jelajah Bersih Negeri” tersebut membuat Ekoriparian Tjimanoek Lama pilihan yang tepat untuk pemberhentian tim tur kampanye sepeda sebagai simbolis dari sinergi aktif dan optimal yang melibatkan seluruh pihak dalam melestarikan lingkungan.

Kedatangan tim tur kampanye sepeda di Ekoriparian Tjimanoek Lama disambut oleh Dirjen PSLB3 KLHK RI Rosa Vivien Ratnawati, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, S.H., M.H., C.R.A serta Corporate Secretary General Manager Polytama Dwinanto Kurniawan.

Pada sambutannya, Vivien mengungkapkan apresiasinya kepada Bupati Indramayu, Pertamina, Polytama serta warga Indramayu yang turut menyambut kedatangan tim tur sepeda. Beliau juga menyampaikan harapannya agar masalah pengelolaan sampah dapat diselesaikan secara tuntas “Saya ucapkan terima kasih juga kepada Pertamina, Polytama dan warga Indramayu, semoga bisa terus implementasikan program – program CSR yang bersinergi dengan program KLHK dan Pemerintah Daerah guna tuntas kelola sampah untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Rombongan KLHK RI dan Bupati Indramayu melanjutkan acara peresmian eco-paving­ di Ekoriparian Tjimanoek Lama. Eco-paving sendiri merupakan paving block yang menggunakan bahan dasar sampah plastik untuk pembuatannya. Eco-paving adalah salah satu wujud inovasi dalam mengatasi isu pengelolaan sampah yang dapat mengubah sampah menjadi sesuatu yang menghasilkan nilai ekonomi. Rombongan juga disuguhi dengan minuman teh jinten “Syahi & Sahi Teh Jinten” hasil kreasi anggota program CSR pengolahan sampah, Indramayu Manajemen Sampah Zero (I-Masaro) binaan Polytama sejak tahun 2018.

Tim tur kampanye sepeda selanjutnya meneruskan perjalanannya menuju Jakarta.

Corporate Secretary General Manager Polytama, Dwinanto Kurniawan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada KLHK RI dan Bupati Indramayu atas kunjungannya ke Ekoriparian Tjimanoek Lama.

Polytama menurutnya, sebagai Perusahaan yang menyadari akan perannya dalam meningkatkan kepeduliaan terhadap lingkungan, pengelolaan sampah.

"HPSN sebagai momentum strategis yang tepat dalam membangun kesadaran masyarakat, pelaku usaha dan pemerintah dalam memperkuat sinergi yang komprehensif agar maksimal dalam mengatasi isu pengelolaan sampah," pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait