Loading

Persentase Angka Parmas Pemilu 2024 Kecamatan Lelea Alami Kenaikan


Penulis: Yonif - Editor: Yonif
2 Bulan lalu, Dibaca : 220 kali


Ketua PPK Lelea Abdur Rojak, S.Pd.I usai menggunakan hak pilihnya di TPS 3.desa Pengauban Lelea

INDRAMAYU, MEDIKOMONLINE.COM Penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 secara umum berjalan dengan baik. Kesuksesan itu, salah satunya tidak terlepas adanya peran serta masyarakat menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Data yang dihimpun. Sejumlah wilayah dikabupaten Indramayu, tercatat persentase angka partisipasi masyarakat banyak yang mengalami kenaikan.

Seperti halnya yang terjadi di kecamatan Lelea Indramayu. Angka kehadiran atau persentase partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya pada pemilu 2024 ini mencapai 74,62%.

Atau mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan pemilu sebelumnya. Tentu saja angka persentase diatas 74% itu, sebuah angka yg cukup signifikan. 

Ketua PPK kecamatan Lelea Indramayu, Abdur Rojak, S.Pd.I mengungkapkan, kenaikan persentase partisipasi masyarakat itu, merupakan bentuk dari kesadaran para pemilih yang ada di wilayah kecamatan Lelea.

Karenanya kami menyampaikan terimakasih kepada masyarakat kecamatan Lelea yang telah menggunakan hak pilihnya pada pemilu 14 Februari yang lalu, ujarnya.

Dijelaskan, tingkat partisipasi masyarakat dari 11 (sebelas) desa yang ada diwilayah kecamatan Lelea, rata-rata diatas 70%. Ini tentu saja sebuah angka yang sangat luar biasa. Bahkan ada satu desa yang Partisipasi masyarakatnya atau Parmas, mencapai 80,41% dari DPT 3.364 dengan tingkat kehadiran 2.705 yakni desa Nunuk.

"Alhamdulillah patut berucap Syukur, karena angka kehadiran masyarakat ke TPS cukup tinggi," terang pria yang biasa dipanggil papah Azmi tersebut.

Di Pemilu 2024 ini lanjutnya, partisipasi pemilih tercatat mencapai 74,62 persen. Dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 37.237 orang, dengan tingkat kehadiran pemilih ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdata sebanyak 27.788 orang.  

Persentasi jumlah pemilih Pemilu 2024 ini menurut Rojak mengalami kenaikan, bila dibanding dengan Pemilu 2019. “Alhamdulillah, pecah rekor. Naiknya lumayan,” kata ketua PPK Lelea Abdur Rojak, melalui pesan singkat WhatsApp  Minggu (25/2/2024).

Dikatakan, semula pihaknya sempat pesimis partisipasi masyarakat tidak bakal terdongkrak. Pasalnya, pada pelaksanaan Pemungutan suara atau hari H pencoblosan, kondisi cuaca tak mendukung. Gerimis sepanjang pagi hingga menjelang siang.

“Pagi hari mayoritas TPS terpantau sepi. Gerimis agak gede memang. Syukurnya, menjelang siang gerimis berhenti, masyarakatpun ramai datang berbondong-bondong ke TPS,” ungkapnya.

Iapun mengapresiasi antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Sehingga mampu mencatatkan rekor tinggi partisipasi masyarakat dalam perhelatan pemilu di Kecamatan Lelea. “Pencapaian partisipasi masyarakat ini tergolong tinggi dalam sejarah pemilu di Kecamatan Lelea,” pungkasnya.

Pada bagian lain Rojak yang juga ketua KNPI Lelea itu, menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan partisipasinya pada saat perhelatan penyelenggaraan pemilu dan Pleno PPK khususnya di wilayah kecamatan Lelea, sehingga berjalan dengan baik, aman dan tertib. 

Sekalipun diakuinya ada satu desa yang terpaksa harus dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU), namun secara umum pelaksanaan Pemilu di kecamatan Lelea berjalan dengan baik dan aman, "Alhamdulillah secara keseluruhan pelaksanaan Pemungutan Suara di kecamatan Lelea berjalan dengan baik, sukses tanpa ekses," tandasnya. (YF)

Editor: Yonif

Tag : No Tag

Berita Terkait