Loading

Pilpres Ciamis Unggul Prabowo-Gibran


Penulis: Herz.Cms
1 Bulan lalu, Dibaca : 263 kali


Bupati, Wakil Bupati dan Segenap Forkopim Kabupaten Bersama Para Penyelenggara Pemilu Foto Bersama pada Acara Rapat Terbuka Pleno Tingkat Kabupaten.

CIAMIS, Medikomonline.com - Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 pada Pilpres, Pileg dan DPD sudah selesai, namun keputusan resmi secara nasional masih tahap proses. 

Sebanyak 780.764 pemilih warga Tatar Galuh Kabupaten Ciamis hadir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), Rabu (14/2/2024) dua pekan yang lalu. Dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 965.599 se-Kabupaten Ciamis Jawa Barat. 

Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden nomor urut dua (2), Prabowo-Gibran lebih unggul dibandingkan dengan Paslon nomor urut satu (1), Anies-Muhaimin. Dengan selisih perolehan suara sah sebanyak 88.524 suara. 

Prabowo-Gibran memperoleh suara sah sebanyak 380.396 sedangkan Anies-Muhaimin meraih 291.872 suara sah sementara Paslon Pilpres nomor urut tiga (3), Ganjar-Mahfud memperoleh 92.397 suara. 

Jumlah suara sah yang masuk di Kabupaten Ciamis sebanyak 764.665 suara dan 16.099 suara tidak sah. 

Hal itu diketarai dari data hasil perolehan perhitungan suara usai selesai pelaksanaan sidang pleno di tingkat Kabupaten Ciamis, Sabtu petang (2/3/2024).  

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis, Oong Ramdani menyampakan, proses sidang pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Ciamis berjalan relatif aman, lancar dan kondusip. 

"Alhamdulillah berjalan relatif aman, lancar dan kondusip serta tidak menimbulkan ekses yang berkepanjangan. Semua dapat diselesaikan di tingkat Kabupaten," Terang Oong Ramdani kepada Medikomonline.com, Sabtu malam (2/3/2024). 

Diakui Setiap Hari Ada Yang Protes Dari Saksi

Selama proses Sidang Pleno Rekapitulasi Perolehan Hasil Suara di tingkat kabupaten setiap hari ada juga yang protes dari saksi. 

"Hal itu di karenakan adanya perbedaan data di saksi dengan D. Hasil kecamatan, namun semuanya masih bisa diselesaikan di tingkat kabupaten, "Ujar Ketua. 

Semua hasil rekapitulsai pada pembahasan peroleh suara di Tingkat Kabupaten sudah selaras dengan hasil penilaian Bawaslu Kabupaten. 

"Sehingga malam ini, hasil rekap kabupaten langsung kami serahkan/laporkan ke KPU Jawa Barat dengan didampingi Ketua Bawaslu dan pihak penegak hukum (Pengamanan), " Pungkas Ketua KPU Kabupaten Ciamis.

Tag : No Tag

Berita Terkait