Loading

BAZNAS KOTA SUKABUMI RAYAKAN HUT KE-22 TAHUN 2023


Penulis: Soni J/Editor: Dadan Suparan
17 Hari lalu, Dibaca : 345 kali


Memperingati HUT Ke-22 BAZNAZ Kota Sukabumi

SUKABUMI, Medikomonline – BAZNAS Kota Sukabumi memperingati HUT ke-22 di Gedung Pusat Pengkajian Islam Jalan Veteran Kota Sukabumi, Rabu (18/1/2023).

Wali Kota Sukabumi H Ahmad Fahmi menyampaikan agar sama-sama melaksanakan refleksi 22 tahun keberadaan BAZNAS baik tingkat nasional maupun tingkat daerah.

Dikatakan BAZNAS memiliki beberapa tugas di antaranya perencanaan, pelaksanaan, dan juga pengendalian dari pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan.

“Kita sama-sama lakukan beberapa tugas BAZNAS kota Sukabumi secara profesional, terapkan teknologi, lakukan tranparansi, serta bangun kolaborasi, insya Allah BAZNAS kota Sukabumi semakin dipercaya oleh warga masyarakat,” ujar Ahmad Fahmi.

Ia menilai selama ini pergerakkan BAZNAS cenderung kurang dinamis, masih menganggap cukup pengelolaan dan pengumpulan, serta pendistribusian zakat yang berasal dari PNS. Padahal BAZNAS kota Sukabumi ini memiliki peran yang luar biasa, bukan hanya PNS akan tetapi di seluruh warga yang mereka itu menjadi Muzaki menjadi bagian yang tak terpisahkan.

“Misalnya dari proses pengumpulan zakat oleh BAZNAS, maka saya mintakan bagaimana membangun sinergi dan melibatkan teknologi sehingga kalau orang mau bayar zakat mudah sehingga kalau mau bayar ingat BAZNAS,” tuturnya.

Dijelaskan ada salah satu program unggulan BAZNAS kota Sukabumi yang berpihak kepada alim ulama, bagaimana memberikan beasiswa penuh kepada mereka penghapal Alquran. “Saya menargetkan mudah-mudahhan 1 sampai 2 tahun ini banyak yang menghapal Alquran yang telah diluluskan melalui program beasiswa penuh,” ucapnya.

Ketua BAZNAS kota Sukabumi Miftah Amir mengatakan pihaknya akan berupaya memperbanyak unit pengumpulan zakat di tingkat RW yang diadakan di masjid-masjid. Diharapkan nantinya para muzaki yang ingin berzakat dihimpun di masjid UPJ dan datanya ke BAZNAS kota Sukabumi.

“Ditargetkan tahun 2023 yang tertera di RKAT kami sampaikan ke BAZNAS pusat, targetnya itu sebanyak Rp 7,5 miliar. Program tentang pelayanan zakat berbasis masjid nanti pemberian mustahiq itu lebih diorganisasi tingkat RW, bukan perorangan akan tetapi menyentuh ke keluarga. Apa kebutuhan keluarganya, kesehatan maupun pendidikannya dan bantu modal keluarganya sehingga bisa terpenuhi sampai dua tahun keluarga itu berubah,” ungkapnya.

Ditambahkan bahwa Plaza Master menyiapkan aplikasi Muzaki dan mengaktifkan kembali web BAZNAS kota Sukabumi untuk mempermudah para Muzaki atau masyarakat mengakses informasi sekaligus kolaborasi.  

Tag : No Tag

Berita Terkait