Loading

Yuki SENANDIKA


Penulis: Syah Ma’mur/Editor: Dadan Supardan
4 Bulan lalu, Dibaca : 2320 kali


Yuki SENANDIKA

Instagram : @yuki_arhabshilo

 

BANDUNG, Medikomonline – Pembaca Medikom, industri musik Indonesia sekarang ini berkembang mengikuti tumbuh pesatnya konten-konten musik digital. Dengan kemudahan yang disajikan konten-konten musik digital memberikan ruang yang luas terbuka untuk para pekerja musik baik itu artis maupun pekerja musik di balik layar.

Saya berkesempatan mewawancara langsung artis penyanyi Yuki Arhabsilo yang sudah meniti karier musiknya dari usia sangat muda. Karier bernyanyi Yuki diawali dari mengisi acara pensi sekolah di SMP Pasundan 1 Bandung. Di usianya yang masih sangat muda, Yuki juga rutin mengisi acara event di cafe-cafe & event-event launching.

Dengan kesungguhan dan komitmen sebagai penyanyi, Yuki dengan band pertamanya mendapatkan kontrak album Kompilasi dengan mayor label musik papan atas. Yuki dan band membawakan hits single Ayah dalam Album Kompilasi Love 2000 bersama artis Fatur feat Nadila. Album selanjutnya masih dengan label musik yang Sama Yuki dan bandnya membawakan hits single berjudul Teman dalam Kompilasi Kisah 2002 Malam. Dalam album ini berkolaborasi dengan band Peterpan (sekarang NOAH band).

Penjualan kaset 2 album kompilasi ini laris di pasaran Indonesia. Semenjak itu, Yuki rutin mengisi acara musik di berbagai event Bandung. Dengan pengalaman yang panjang dan totalitas sebagai penyanyi, Yuki dengan SENANDIKA band (band Yuki yang sekarang) mendapatkan projek musik untuk ost Drama di tv Nasional Malaysia dengan judul lagu Bait Cinta ost Drama 30 juzuk cinta.

Projek ost drama 30 juzuk cinta ini adalah projek 2 Negara Serumpun. Yuki menjelaskan  tentang projek 2 Negara Serumpun ini pada awalnya Band SENANDIKA dihubungi oleh mr M seorang Co Producer Musik kenamaan asal Malaysia yang sudah sering menghasilkan projek-projek musik 3 Negara Serumpun (Indonesia, Malaysia, Singapura).

Lagu Bait Cinta dibuat dengan sangat detail dan terstruktur oleh SENANDIKA band. SENANDIKA band menulis lagu Bait Cinta berdasarkan Sinopsis asli Drama 30 Juzuk Cinta. Yuki mengatakan sewaktu take rekaman lagu Bait Cinta penghayatannya dalam bernyanyi sangat mendalam sampai terbawa perasaan. Hal ini disebabkan dari energi sinopsis dan lirik lagu yang menyampaikan pesan KeTuhanan.

Yuki menambahkan, jika menyanyikan lagu dengan pesan KeTuhanan, basic agama seorang penyanyi harus ada agar pesan lirik lagu yang disampaikan penyanyi bisa menjadi role model untuk pendengarnya. Pengalaman Yuki yang lain di industri musik sebagai pekerja seni yaitu guiding vocal dan backing vocal lagu Segala Perasaan Dato' Sri Siti Nurhaliza, Guiding vocal dan backing vocal lagu Kisah Kuinginkan Dato' Siti Nurhaliza Feat Judika. Pengalaman ini sangat melekat dalam diri Yuki karena berkesempatan kerja bareng 2 artis super star.

Closing interview saya, Yuki menyampaikan seorang musisi bukan saja harus pintar bernyanyi tapi seorang musisi harus mempunyai strategi bisnis yang terstruktur dan menjadi pioner utama agar karya-karya musiknya laris di pasaran penikmat musik. Hal ini sudah dibuktikan oleh Yuki sebagai musisi yang konsekuen, sabar, fokus, tidak setengah-setengah dan terus berusaha karena perkembangan industri musik sangat cepat dan berbeda tantanganya di era musik digital zaman now. 

Tag : No Tag

Berita Terkait