Loading

Mengingat Kembali Sinetron Mahkota Mayangkara & Mahkota Majapahit


Penulis: Syah Ma'mur/Editor: Dadan Supardan
3 Tahun lalu, Dibaca : 6986 kali


Dari kiri Kang Yucky Hasan dan Wartawan Medikom Syah Ma'mur

Cp Whatssapp Kang Yucky Hasan +6282320721988

BANDUNG, medikomonline – Pembaca Medikom zaman now dan zaman old, mari kita sama-sama flash back sedikit tentang Sinetron Mahkota Mayangkara & Mahkota Majapahit. Sinetron yang diperankan oleh aktor Yucky Hasan sebagai Ra Semi, Almarhum Eddy Chaniago sebagai Ra Kuti, dan Gusti Randa sebagai Ra Tanca mengambil seting dari sejarah Kerajaan Majapahit.

Ra Semi adalah tokoh yang menjadi salah satu dari 7 orang anggota Dharmaputra-raja yang tertulis dalam kitab Pararaton atau disebut juga Dharmaputra Winehsuka. Anggota Dharmaputra tersebut adalah Ra Kuti, Ra Semi, Ra Tanca, Ra Wedeng, Ra Yuyu, Ra Banyak, dan Ra Pangsa. Pemberontakan Ra Semi dan Ra Kuti pada 1240 tahun saka (1318 M) dan 1241 tahun saka (1319 M). Ra Semi dan Ra Kuti bagian dari tujuh orang Dharmaputra yang dibentuk ketika Kertarajasa Jayawardhana atau Wijaya berkuasa.

Kitab Pararaton memberitakan, maksud Dharmaputra ialah pangalasan wineh suka atau pegawai yang diistimewakan. Selain Ra Semi dan Ra Kuti, ada Pangsa, Ra Wedeng, Ra Yuyu, Ra Tanca, dan Ra Banyak. Nama Ra Semi disebut dalam daftar pembesar masa pemerintahan Kertarajasa. Dia bergelar Rakryan Semi.

Ra Semi mulai menunjukkan rasa tidak suka dan antipatinya kepada Prabu Jayanagara (Raja muda Kerajaan Majapahit) sejak peristiwa pemberontakan Patih Nambi pada 1316 M. Menurut Kidung Sorandaka, ketika itu Semi memihak Patih Nambi. Setelah Patih Nambi tewas dalam peperangan, Ra Semi berhasil lolos dan bergabung dengan Ra Kuti. Pemberontakan Ra Semi dan Ra Kuti berhasil ditumpas habis oleh Mahapatih Gajah Mada dan pasukan Bhayangkara (Prajurit Khusus Pengawalan Raja2 dan Ratu Majapahit)  berjumlah 15 orang.

Pembaca Medikom zaman now dan zaman old mari kita kembali dan fokus ke sosok Kang Yucky Hasan. Kariernya sekarang lebih berperan di organisasi nomor hiji di Jawa Barat, owner dan Pemimpin Redaksi beberapa media pemberitaan online dan tabloid khusus pemerintahan Jawa Barat, konsultan artis, trainer pencak silat, trainer Mix Martial Arts. 



Tag : No Tag

Berita Terkait