Loading

# SEMUA BISA BELAJAR # DENGAN STREAMING LEARNING


Aditya Muhammad
4 Tahun lalu, Dibaca : 853 kali


Oleh Aditya Muhammad

(Sekretaris Garda Pemuda NASDEM  kabupaten Bandung Barat)

Betapa Allah telah mengutus makhluknya yang sangat halus untuk menghentikan sejenak kegiatan di muka  bumi yang sifatnya duniawi. Untuk yang sibuk bergelut dengan kerja, usaha, balawiri luar negeri, diistirahatkan, diingatkan untuk menghela nafas, membersihkan udara yang telah terkontaminasi racun kesibukan.

Yang biasanya lupa akan jam kerja, mudah-mudahan sekarang tersadarkan bahwa semua harus terukur dalam waktu. Tubuh, pikiran, dan tenaga sangatlah terbatas, self of control menjaga stamina.

Begitu pula dalam pendidikan. Dengan adanya kasus Corona Covid-19, apa yang dapat dicerna? Untuk mencapai tujuan pendidikan, yang telah disusun dalam kurikulum yang begitu sistematis dengan berbagai pilihan metode dan strategi pembelajaran, tentunya keadaan sekarang akan berdampak pada tingkat ketercapaian.

Target sasaran? Bagaimana agar dunia pendidikan tidak terlalu terdampak kontaminasi covid-19?

Dirumahkan!

Yah, dirumahkan.

Tapi ikuti dengan berbagai kebijakan yang menyehatkan. Berfikir positif, itu yang terpenting. Daya tahan tubuh akan kuat bila ada kebahagiaan, tidak ada ketakutan, atau kekurangnyamanan dalam bekerja. Percayalah guru-guru sudah tersertifikasi, artinya kualifikasinya teruji. Mereka tidak akan lalai dalam tugasnya. Tupoksinya akan tetap dilaksanakan, walaupun lebih fleksibel.

Ini adalah kondisi umum yang harus ditengarai dengan berbagai kemungkinan yang berdampak baik. Meminimalisasi ketidaknyamanan.

Ataukah ini sebagai bahan literasi, atas pembelajaran yang telah berlangsung selama ini. Untuk dikaji dan dievaluasi?

Metode pembelajaran kali ini bersifat darurat, sehingga pembelajaran ideal tidak dapat diterapkan. Namun, sebagai pendidik yang punya rasa tanggung jawab tetap harus mencarikan solusi agar peserta didik tetap merasa sebagai pembelajar walau berada di rumah.

Ada salah satu solusi yang bisa dilakukan dalam pembelajaran yaitu menggunakan media streaming learning. Yang bisa membantu peserta didik dengan memberi pengayaan dan latihan menyelesaikan soal-soal melalui internet seperti channel youtube, dengan waktu dibatasi pelaksanaannya. Peserta didik pun tanpa harus membuat tugas-tugas yang pada akhirnya menjadi beban dan berdampak pula pada orang tua sehingga ikut terbebani.

Bijak melaksanakan pembelajaran harusnya berprinsif pada konsep MERDEKA BELAJAR.

Pada kondisi sekarang sebagai pendidik lebih bijak bila dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan beberapa pilihan media, yang tentunya tidak bisa dihindari. Bisa secara online, atau apa pun medianya yang lebih praktis dan efektif sesuai  kondisi pembelajar yang begitu heterogen. Guru jangan terlalu memaksakan berbagai tugas kepada peserta didik.

Metode streaming learning pun merupakan salah satu metode untuk mengembangkan kompetensi guru dalam literasi media.

Saatnya mengutamakan berbagai kegiatan pembelajaran literasi, yang sifatnya lebih mendidik dalam pembentukan karakter. Agar aktivitas peserta didik di rumah enjoy dan mereka menjadi bagian dari pejuang kemanusiaan.

Di antaranya dengan memperbanyak literasi pencegahan dan akibat covid-19. Sehingga, kesadaran tumbuh pada diri setiap peserta didik.

Pembelajaran efektif pada situasi darurat covid-19, adalah dengan memberi pengayaan materi dan latihan soal-soal secara terstruktur, dengan waktu terbatas tanpa dibebani tugas-tugas untuk siswa.

Kita ingin peserta didik MERDEKA BELAJAR. Agar mutu pendidikan semakin baik. ***

Tag : No Tag

Berita Terkait