Loading

GURU MILENIAL KREATIF, INOVATIF, VISIONER, DAN BERKARAKTER


Juli Wahyu, PD
4 Tahun lalu, Dibaca : 1013 kali


Oleh Juli Wahyu Pari Dunda

(Ketua MKPS SMA Jawa Barat)

Perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir di guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambilah langkah pertama!

Pernyataan Pak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, merupakan bentuk spirit atau motivasi untuk guru Indonesia. Guru diharapkan berani melakukan perubahan dan menerima perubahan untuk pendidikan yang lebih baik.

Momentum hari guru tahun 2019 ini dapat dijadikan sebagai kebangkitan guru Indonesia untuk melakukan inovasi, perubahan-perubahan besar yang lebih kreatif dalam sistem pendidikan Indonesia.

Karena, dirasakan selama 10 tahun terakhir masih stagnan, walau perubahan kurikulum sudah dilakukan semenjak tahun 2007, namun parameter keberhasilannya tidak signifikan terhadap mutu pendidikan.

Isu bakal adanya perubahan kurikulum pun menjadi pertanyaan. Apakah akan menuju lebih baik atau justru kemunduran mutu pendidikan?

Terlepas dari rencana menteri mau mengubah kurikulum atau tetap, guru harus siap melaksanakan tugasnya, tanpa harus menunggu regulasi pendidikan yang masih dikaji oleh para pakar.

Harapannya ada hasil yang lebih baik dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan.

Ajakan Pak Menteri diharapkan para guru sebagai garda terdepan untuk melakukan inisiatif sebagai inovator yang visioner, mendorong dan membimbing siswa menuju lebih kreatif dan berkualitas.

Sebagai modal utama, para guru harus mau dan wajib menguasai teknologi IT serta memperbanyak berliterasi pendidikan.

GURU sebagai agen perubahan akan selalu dituntut kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas. Kerja adalah ibadah dan pengabdian. 

Peran guru  sampai kapan pun tidak dapat digantikan, meskipun literasi teknologi sudah maju dan terkuasai.

Mari Guru Indonesia kita rapatkan barisan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter  agamis dan Nasionalis. Siapa pun bisa menjadi guru dan kita adalah guru. Kita semua adakah guru.

DIRGAHAYU GURU INDONESIA!

Tag : No Tag

Berita Terkait