Loading

Optimalkan Peran BUMDes, Pemdes Gelar Pelatihan


Penulis: Nanang
3 Bulan lalu, Dibaca : 158 kali


Kegiatan Pelatihan BUMDes Sadakeling Madani di Villa H.Ikhsan Kp.Cikelepu Desa Sukaluyu.

GARUT,  Medikomonline.com- Pemerintah Desa menggelar Pelatihan  BUMDes Sadakeling Madani   Desa Sukaluyu Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut Jawa Barat.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah lembaga yang diharapkan mampu menjawab tantangan utama yakni meningkatkan standar hidup ekonomi masyarakat desa.

kegiatan Pelatihan BUMDes ini akan ada pemahaman tentang konsep dasar BUMDes dan kemampuan pengelolaan BUMDes lebih baik lagi produksi dan pemasaran produk

Hal lain yang mutlak dibutuhkan adalah ‘Pendampingan’. Pelatihan hanya bisa memberikan pengetahuan awal, proses pendampingan saat praktek dalam kondisi di lapangan ketika mengelola BUMDes menjadi sangat penting agar tujuan pelatihan bisa tercapai.

Peserta yang diundang untuk mengikuti BUMDes ini adalah 11 RW, Lembaga  Desa, Pengurus BUMDes, Kasi  PMD Kecamatan Sukawening dan sebagai nara Sumber H.Lukman Ketua BUMDes Girijaya Desa Girijaya Kecamatan Kersamanah

BUMDes Sadakeling Madani telah diberikan kepercayaan untuk memimpin Stuktur kepengurusan Ketua Diki Permana, Sekertairis Yuki  Indriyanti dan Bendahara Akhmad Baehaki.

Kegiatan Pelarihan  BUMDes Sadakeling  Madani di Villa H.Ikhsan Kp.Cikelepu Desa Sukakuyu, Minggu (31/12/2023).

Kepala Desa Sukaluyu Asep Kurniawan, Kasi PMD Yudi Kuswanadipura Kecamatan Sukawening, Pendamping Desa Deni Mualim, Ketua BPD Hayun Syafrudin , BUMDes Sadakeling Madani Ketua Diki Permana, Sekretaris Yuki Indriyanti dan Bendahara Ahmad Baihaki.

Berbagai materi pelatihan terkait tata Kelola BUMDes, penggalian potensi desa, penyusunan rencana usaha BUMDes dengan Business digital marketing dan juga  praktik manajemen keuangan serta penyusunan laporan keuangan BUMDes.

Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa menjadi tulang punggung perekonomian desa dalam peningkatan kesejahteraan masyarakatnya. Hal ini tentunya hanya dapat terwujud jika peran BUMDes telah terlaksana secara optimal.

Berdasarkan Undang -Undang Nomor 11 Tahun 2O2O tentang Cipta Kerja menegaskan kedudukan BUMDes sebagai badan hukum yang didirikan oleh Desa guna mengelola usaha, mengembangkan investasi dan produktivitas,  menyediakan jasa pelayanan, dan atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat desa.

“Kami  Kades Sukakuyu Dengan adanya program pelatihan  BUMDes ini, ingin ke depannya BUMDes Desa Sukaluyu menjadi BUMDes yang mandiri, berkembang  dalam segi pengelolaan”,  ujarnya”, Asep Kurniawan.

BUMDes Sadakeling Madani Kades Sukaluyu Asep Kurniawan Ketua Diki Permana, Sekertairis Yuki Indriyanti dan Bendahara Akhmad Baehaki.

Keberadaan BUMDes ini turut membantu perekonomian desa dalam mendukung pengusaha rumidsutri rumahan lokal, pengusaha agar- agar kering,  tape  singkong dan kantong, bisnis UMKM lokal ini memajukan dan andalan  perekonomian lokal, “Pelatihan  BUMDes adalah wujud sinergi dan tanggung jawab sosial dan lingkungan kepada masyarakat, terutama masyarakat di sekitar desa . Program ini sejalan dengan  masyarakat  tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

“Saya mewakili masyarakat Desa Sukaluyu mengucapkan terima kasih kepada yang telah hadir  yang telah membuat program pelatihan berjalan dengan lancar, melalui pelatihan  kita berharap mampu melahirkan produk  unggulan  desa.

“Banyak ilmu dan manfaat yang didapatkan dalam program ini, terutama terkait pengelolaan BUMDes. Potensi BUMDes ke depannya bisa menjadi sumber pendapatan desa untuk kesejahteraan masyarakatnya bilamana BUMDes ini berjalan baik dengan pengelolaan yang baik pula. Peran masyarakat desa sebagai pengawas sangat diperlukan dalam hal ini”,Ujarnya.  (Nanang)

Tag : No Tag

Berita Terkait