Loading

MANTAN KETUA DPRD KRITISI KEGIATAN WARTAWAN


Penulis: Fredy/Editor: Dadan Supardan
2 Tahun lalu, Dibaca : 821 kali


PWI Perwakilan Kota Cimahi saat kunjungan ke Kantor DPRD Kabupaten Bantul Januari lalu.

CIMAHI, MedikomonlinePernyataan mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi Achmad Gunawan SH MH berkaitan dengan pelaksanaan studi komparatif DPRD dan wartawan ke Jogyakarta akhir Januari lalu perlu dipertanyakan. Apalagi ia mengeluarkan siaran persnya di beberapa media. Achmad Gunawan menduga perjalanan itu tidak etis berlangsung di bulan Januari awal tahun di saat pihak eksekutif baru mulai merancang program kegiatan. Seharusnya kata AGUN baru bisa dilaksanakan bulan Pebruari atau Maret dan April.

Berkali-kali Achmad Gunawan menegaskan bahwa dirinya mantan anggota DPRD 15 tahun dan sekarang berprofesi sebagai advokat menanggapi penyerapan anggaran di awal tahun tentu belum bisa dan diduga menyalahkan aturan sesuai dengan siaran persnya Selasa (15/2) sambil memberikan peringatan keras bahkan ancaman kepada Sekretaris Dewan agar hati-hati dalam menggunakan anggaran. Jangan sampai terjadi temuan oleh Aparatur Penegak Hukum.

Menanggapi pernyataan ini, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Kota Cimahi Drs. Totong Solehudin saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya karena sedang mengikuti Diklat pimpinan BPSDMD di Semarang Jawa Tengah, Rabu (17/2/2022) mengatakan semua prosedur sudah ditempuh dan anggaran sudah ketok palu disahkan tanggal 30 November 2021 sebagai batas akhir yang dipersyaratkan oleh Kemendagri. Tentu semuanya ini sudah diawali dengan tahapan rapat paripurna DPRD untuk berikutnya berjenjang keputusan Menteri Dalam Negeri melalui Pemerintahan Provinsi dengan evaluasinya.

Dan di bulan Desember 2021 semuanya sudah clear dan clean, sehingga kami sepakati dengan rekan rekan wartawan untuk melaksanakan studi komparatif pada tanggal 26 Januari 2022,” tuturnya.

Menanggapi pernyataan mantan Ketua DPRD kota Cimahi Achmad Gunawan SH MH yang berkaitan dengan studi komparatif wartawan, Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kota Cimahi Laurent Lebuan melihat ada kepentingan apa Agun, sapaan Achmad Gunawan di balik semuanya ini?

Sepertinya pa Achmad Gunawan baru mau belajar wartawan karena program studi komparatif ini termasuk beliau yang menggagaskan dari awal dengan PWI ketika itu menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Cimahi. Beliau saat itu paling vokal mendorong adanya studi komparatif,” ujar Laurent, Kamis (17/2/2022).

Sebagai wartawan, jelas Laurent, pihaknya tidak mau diombang ambing oleh gaya politikus. Dikatakan, sebagai wartawan tentu menyambut baik semua program kerja sama yang ditawarkan oleh lembaga resmi atau pemerintahan selama semua kegiatan berjalan dengan baik sesuai aturan.

“Akan tetapi dugaan seorang mantan Ketua DPRD khususnya menyoroti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dalam rangka studi komparatif ke Jogyakarta akan berdampak kepada persoalan lain,” jelasnya

Tag : No Tag

Berita Terkait