Loading

Miliaran Dana Pengadaan Cadangan Pangan Kabupaten Bandung Kemana Dikucurkan


Edie NS
2 Bulan lalu, Dibaca : 139 kali


Ir. Ina Dewi Kania. MP. Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung

BANDUNG, Medikomonline.com - Miliaran  dana untuk Pengadaan Cadanagn Pangan di Kabupaten Bandung tidak diketahui kemana dan  kapan dibelanjakan. Dana tersebut merupakan kegiatan Pengelolaan dan Keseimbangan Cadangan Pangan Kabupaten/Kota di Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung  yang bersumber dari APBD Kabupeten Bandung Tahun anggaran  2023 yang lalu. 

Anggaran yang jumlahnya Rp 11 Miliar lebih ini merupakan  dana Pengadaan Cadanagn Pangan Kabupaten Bandung, dilaksanakan secara swakelola dan diselenggarakan dengan kelompok masyarakat untuk pengadaan Minyak Goreng 11450 Liter, Beras Premium 470.014 Kg.dengan anggaran Rp 6.246.323.000,00 .  Pengadaan Cadangan Pangan dengan deskrpsi Ikan Kembung 3701 kg dengan Pagu Anggaran Rp 21.3547.700,00.   Pengadaan Cadangan Pangan dengan deskripsi  Beras 92070 Kg, Minyak goreng 18410 liter, Daging sapi 2500 kg Pagu Anggaran Rp 1.994.000.000 ,00 dan  Pengadaan Cadangan Pangan  yang dilaksanakan dengan cara Swakelola tipe 1, deskripsi Beras 224.000 Kg, Daging sapi 11.000 kg Pagu Anggaran Rp 4,456,000,000,00.

Koran Medikom sudah mengajukan surat konfirmasi tertulis kepada Kepala Dinas Pangan Dan Perikanan Kabupaten Bandung, Kamis (14/9/23) untuk menanyakan seputar kegiatan anggaran Pengadaan Cadangan Pangan Kabupaten Bandung, diantaranya  Siapa saja yang terlibat langsung sebagai penyelenggara Swakelola ? Berupa barang apa saja Pengadaan Cadanagn Pangan  yang disiapkan ? Sebutkan Kelompok Masyarakat pelaksana Swakelola.?  Kelompok Masyarakat yang mana saja? Mohon dijelaskan secara detail. Berapa Nilai kontrak yang Yang diswakelolakan ? dan ada beberapa pertanyaan lainnya

Kepala Dinas Pangan Dan Perikanan Kabupaten Bandung, Ir. Ina Dewi Kania, MP  sepertinya enggan untuk menjawab surat Konfirmasi Medikom tersebut. Buktinya tiga kali wartawan Medikon datang ke Kantor Dinas untuk menanyakan jawaban surat konfirmasi tersebut, tetap tidak ada, malah pihak kepala dinas mengutus stafnya yang bernama Amin untuk menemui Medikom. Menurut Amin ibu kepala Dinas tidak akan menjawan surat konfirmasi Medikom. “Kepala Dinas tidak akan menjawab surat Medikom, karena dana tersebut tidak dikelola di dinas ini,” ujar Amin. Dan selanjutnya Amin sesuai dengan printah Kepala Dinas  Pangan dan Perikanan, menyarankan Medikom agar menemui  PT. Bandung Daya Sentosa yang beralamat di Gedung Baznas Lantai  3 Jl. Gading Tutuka Soreang, karena menurutnya dana tersebut seluruhnya dikelola di perusahaan itu sebagai mitra Dinas Pangan dan Perikanan.

Selanjutnya, sebagaimana saran dari Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung, Medikom mangajukan surat konfirmasi Tertulis ke Direktur PT. Bandung Daya Sentosa.Namun sampai 1 bulan sudah masuk tidak ada tanggapan sama sekali. Ahirnya Medikom mengajukan surat ke dua tertanggal 5 Desember 2023, Surat kedua tersebut pun sampai saat ini belum ada tanggapan. Sampai berita ini diturunkanpun belum ada balasan dari dari pihak PT. Bandung Daya Sentosa.

Diminta kepada Kepala Dinas Pangan Dan Perikanan Kabupaten Bandung agar bersedia memberi penjelasan kepada Medikom terkait dana APBD tersebut, kemana saja uang rakyat yang jumlahnya Miliaran rupiah  tersebut dikucurkan ?, apakah sudah digunakan atau belum ?. Sebagai media independen Medikom hanya bermaksud melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum, sebagaimana peran pasal 6  UU 40 tahun 1999 tentang Pers .

Tag : No Tag

Berita Terkait