Loading

Irigasi di PSDA Cimanuk Cisanggarung Banyak Rusak, Anggaran Minim


Penulis: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 1097 kali


Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat mengunjungi UPTD Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung di Cirebon. (Foto: Hms DPRD Jabar)

BANDUNG, Medikomonline.com - Dalam rangka monitoring rencana pelaksanaan APBD Tahun 2021, Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat mengunjungi UPTD Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung di Cirebon, Kamis (04/02/2021).

Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat Tetep Abdulatip mengungkapkan,  Komisi IV melihat ada sekitar 9% irigasi yang rusak sedang, 13% yang rusak berat, dan sisanya rusak ringan. Sementara dari sisi anggaran minim dan hanya bisa dialokasikan untuk satu atau dua irigasi.

"Anggaran operasional pemeliharaan pun hanya ada di angka 2 milyar. Dengan banyaknya jumlah irigasi, dirasa (anggaran-red) tidak akan mencukupi. Apalagi musim hujan yang bisa meluluhlantahkan konstruksi jaringan (irigasi-red). Kita harus serius menuntaskannya. Kita harus punya peta roadmap yang jelas," tegas Tetep, dewan dari Dapil Jawa Barat .

Tetep berharap Pemprov Jawa Barat harus memperhatikan anggaran untuk mengatasi kerusakan dan pengembangan irigasi, karena irigasi menjadi kewenangan pemerintah daerah.

Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera ini mempertanyakan  bagaimana masyarakat petani bisa bertani dengan baik, ketika sumber daya air tidak tersuplay secara maksimal. 

Tag : No Tag

Berita Terkait