Loading

Bendung Cariang Rusak Dilaporkan Langsung ke Pj Gubernur Bey


Penulis: Nanang
8 Bulan lalu, Dibaca : 188 kali


Pj Sekda Sumedang Tuti Ruswati melaporkan kondisi Bendung Cariang di Ujungjaya yang rusak dan butuh penanganan ke Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

SUMEDANG, Medikomonline.com- Pj Sekertaris Daerah Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati usulkan perbaikan Bendung Cariang Ujungjaya ke Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin. 

Pj Sekda Sumedang Tuti Ruswati melaporkan kondisi Bendung Cariang di Ujungjaya yang rusak dan butuh penanganan ke Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Bendung Cariang yang membendung Sungai Cipelang dan mengairi 1.603 hektare di Ujungjaya ini merupakan kewenangan Provinsi Jawa Barat jebol tergerus banjir sehingga tak bisa beroperasi.

Pj Gubernur Bey Machmudin ke Sumedang untuk Peringatan Hari Pahlawan ke- 78 Tahun 2023 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang dipusatkan di Sumedang. Jumat (10/11/2023). 

“Usai upacara, saya melaporkan Bendung Cariang Ujungjaya yang rusak dan butuh penanganan karena mengairi 1.603 hektare sawah,” kata Tuti.

Tuti menyebutkan, Laporannya ke Pj Gubernur disambut baik dan akan segera ditindak lanjuti. "Pak Pj Gubernur menyambut baik dan akan cek secara teknis,” katanya

Saat ini untuk penanganan sementara supaya air Sungai Cipelang bisa masuk ke intake irigasi dibuat tanggul darurat. Pembuatan tanggul darurat supaya air Sungai Cipelang masuk ke saluran irigasi sehingga saat musim semai bulan November nanti sudah bisa dimulai. Sumber pendanaan dari CSR Bank Sumedang Rp 10 juta, Bank bjb Rp 20 juta serta partisipasi masyarakat Ujungjaya.

"Pemerintah daerah sedang beriikhtiar semaksimal mungkin Bendung Cariang ini bisa diatasi dan ditangani. Saya juga sudah ke Kementrian PUPR untuk berkonsultasi,” kata Tuti. (Nanang)

Tag : No Tag

Berita Terkait