Loading

Lelang Pembangunan Fly Over Jalan Jakarta dan Laswi Tahap II Dipercepat Oktober 2019


Penulis: IthinK/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 1329 kali


Di acara ground breaking fly over, Kadis Bina Marga Jabar dan Penataan Ruang Ir A Koswara MP berserta pejabat di lingkungan Dinas BMPR Jabar kompak mewujudkan mewujudkan Jabar Juara. (Foto: Medikom)

BANDUNG, Medikomonline.com -  Pembangunan Fly Over Jalan Jakarta dan Jalan Laswi Tahap II akan dilakukan di tahun anggaran 2020. Lelang pembangunan kedua fly over ini akan dipercepat di bulan Oktober 2019.

 

“Tahap II di tahun anggaran 2020 dan ini kemungkinan kita percepat pelelangannya di bulan Oktober (2019-red),” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jawa Barat (Jabar) Ir A Koswara MP di acara Ground Breaking Pembangunan Fly Over Jalan Jakarta dan Jalan Laswi Tahap I di Bandung, Selasa (3/9/2019). 

 

Pelaksanaan Pembangunan Fly Over Jalan Jakarta dan Jalan Laswi Tahap I dan II ini berada di bawah Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Jalan dan Jembatan (PJJ) Wilayah Pelayanan III.

 

Koswara menjelaskan, biaya Pembangunan Fly Over Jalan Laswi Tahap II sebesar Rp31,7 milyar. Lingkup pekerjaannya meliputi abutmen jembatan, beton, gelagar, jembatan, perkerasan beton, perkerasan hotmix, dan bangunan pelengkap.

 

“Sedangkan tahap II untuk biaya Fly Over Jalan Jakarta Rp33,7 milyar. Pekerjaannya hampir sama, yaitu bagian atas abutmen jembatan, beton ringan, gelagar, perkerasan beton, perkerasan hotmix dan bangunan pelengkap,” kata Koswara di hadapan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang melakukan launching Ground Breaking Pembangunan Fly Over Jalan Jakarta dan Jalan Laswi Tahap I.

 

Koswara menjelaskan, sesuai dengan amanat Gubernur Jabar, dalam sub bidang kebinamargaan Dinas BMPR Jabar akan mewujudkan Transportasi Juara, khususnya terhadap pembangunan jaringan jalan provinsi.

 

“Strategi yang dilakukan adalah dengan meningkatkan konektivitas antarwilayah, melalui kebijakan yang pertama membuat standarisasi jalan provinsi dari aspek konstruksi, keamanan, kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kemudian kedua, kita membangun sinergitas kebijakan dan kolaborasi pengelolaan jaringan jalan bersama pemerintah pusat, pemerintah kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat,” ujarnya.

 

Lanjut Koswara, pembangunan fly over atau perlintasan tidak sebidang adalah bagian peningkatan konektivitas yang merupakan bagaian standarisasi konstruksi yang menjadi solusi mengatasi kemacetan di perkotaan.

 

Dalam acara ground breaking Pembangunan Fly Over Jalan Laswi dan Fly Over  Jalan Jakarta I ini, Koswara menjelaskan Fly Over Jalan Laswi menghubungkan jalan provinsi yaitu Jalan Laswi dan Jalan Pelajar Pejuang melintasi Jalan Gatot Subroto. Sedangkan Fly Over Jalan Jakarta menghubungkan Jalan Jakarta dan Jalan Supratman, yang melintasi Jalan Ahmad Yani.

 

“Kedua fly over ini dibangun untuk mengurai kemacetan dan antrian yang sering terjadi di masing-masing persimpangan jalan. Kinerja pada persimpangan jalan ini sudah terlalu jenuh, sehingga untuk mengurangi kejenuhan salah satu solusinya adalah dibangunnya perlintasan tidak sebidang seperti fly over ini. Kedua simpang ini merupakan titik di Kota bandung yang sering mengalami kemacetan dan merupakan salah satu akses menuju pusat kota,” urai Kadis Bina Marga Jabar.

 

“Ditambah lagi pertambahan permukiman di kawasan timur Bandung yang ikut meningkatkan pergerakan kendaraan di persimpangan Jalan Ahmad Yani, Jalan Jakarta, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Laswi. Tentunya dengan dibangunnya kedua fly over ini akan mengakomodir pergerakan kendaraan di kedua simpang ini. Dan akan memberikan kemudahan aksesibilitas ke pusat kota,” ungkap Koswara.

 

Di acara Ground Breaking Pembangunan Fly Over Jalan Jakarta dan Jalan Laswi Tahap I di Bandung, Selasa (3/9/2019), hadir Kepala UPTD PJJ Wilayah Pelayanan III Aan Heryadi didampingi Kasi Pembangunan UPTD PJJ Wilayah Pelayanan III Furkon.  

 

Selain itu, hadir juga sejumlah pejabat Dinas BMPR Jabar lainnya, di antaranya Kepala UPTD PJJ Wilayah Pelayanan I Indra Maha, Kepala UPTD PJJ Wilayah Pelayanan II Agus Budiono, Kepala UPTD PJJ Wilayah Pelayanan IV Adnan Guntara, dan Kepala UPTD PJJ Wilayah Pelayanan V Ruhiyat. 

Pembangunan Fly Over Jalan Jakarta dan Fly Over Jalan Laswi Tahap I ini ditandai dengan pelaksanaan Ground Breaking oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Bandung, Selasa (3/9/2019). Gorund breaking ini dimulai dengan penekanan tombol sirene secara bersama-sama oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar Raja Nafrizal, Kepala Dinas BMPR Jabar Ir A Koswara MP, Kepala Dinas Perhubungan Jabar Hery Antasari ST MDev Plg, dan Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Tag : No Tag

Berita Terkait