Loading

Pembangunan Jalan Sabah Tapin Sugihen Akan Bangunkan Puluhan Hektar Lahan Tidur di Ajijulu


Penulis: Tekwasi/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 1780 kali


Wartawan Medikomonline Tekwasi menunjukkan alat berat excavator yang menembus sulitnya medan jalan dalam pembangunan Jalan Sabah Tapin Sugihen menuju persawahan di Desa Ajijulu. (Foto: Medikomonline)

KARO, Medikomonline.com - Masyarakat Desa Ajijulu, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo akan merasa terbantu dengan adanya pembanguna Jalan Sabah Tapin Suginen yang baru di desa mereka.

 

Jalan yang sedang dibangun adalah salah satu jalan akses ke persawahan yang dikenal dengan nama Sabah Tapin Sugihen. Selama ini hanya jalan setapak saja yang bisa dilalui masyarakat menuju persawahan tersebut.

 

Kepala Desa Ajijulu Matius Perangin-angin mengatakan, kerja sama semua pihak sangat dibutuhkan dalam pembanguna ini. Matius meminta kepada semua masyarakat Desa Ajijulu ikut memberikan dukungan untuk pembangunan Jalan Sabah Tapin Sugihen ini.

 

“Karena ini bukan semata-mata untuk kepentingan perorangan, tapi kepentingan umum," kata Matius kepada wartawan, Sabtu (5/10/2019) di lokasi pembangunan Jalan Sabah Tapin Sugihen.

 

Matius menambahkan, dengan adanya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa Ajijulu Tahun 2018 lalu, maka jalan menuju Sabah Tapin Sugihen Desa Ajijulu ini adalah  salah satu pembangunan fisik skala prioritas Pemerintah Desa Ajijulu.

 

Dengan sumber dana dari Dana Desa Tahun 2019, maka dilaksanakan pembangunan Rabat Beton Jalan Sabah Tapin Sugihen  dengan jumlah  anggaran Rp319.032.900 dengan volume 2,5x280 m.

 

Dengan terwujudnya pembangunan Jalan Sabah Tapin Sugihen yang dilaksanakan secara swakelola oleh masyarakat Desa Ajijulu, maka lahan tidur persawahan yang selama ini tidak digarap akan berubah menjadi hamparan pertanian dan persawahan serta kolam perikanan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Ajijulu.

 

Pembanguna jalan ini menggunakan alat berat excavator untuk menembus sulitnya medan jalan yang akan dibangun. Namun demikian, peran serta masayarakat Ajijulu dan Tim Pelaksana Kegiatan dalam pembangunan ini sungguh besar dalam mewujudkan jalan rabat beton tersebut.

 

Salah seorang warga Desa Ajijulu yang lahannya terkena  dampak pembangunan Jalan Sabah Tapin Sugihen dalam sisi penentuan lokasi jalan,  S Sinuhaji mengatakan, dia tidak mempermasalahkan lahannya yang terkena dampak pembangunan jalan tersebut. 

“Karena dengan adanya pembangunan ini, lahan kami ini akan semakin  gampang dikelola dan akses jalan semakin baik, itu sudah memberikan satu keuntungan besar bagi kami masyarakat,” ujarnya kepada wartawàn. 

Tag : No Tag

Berita Terkait