Loading

PPK 2.4 Jawa Barat Rekonstruksi Jalan Tegalbuleud - Agrabinta – Sindangbarang dengan Teknologi Geotekstil


Penulis: IthinK
7 Bulan lalu, Dibaca : 257 kali


PPK 2.4 Provinsi Jawa Barat melaksanakan rekonstruksi jalan dengan menggunakan teknologi Geotekstil pada ruas Jalan Tegalbuleud - Agrabinta – Sindangbarang. (Foto: Ist)

CIANJUR, Medikomonline.com – Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Provinsi Jawa Barat, Balai Besar PJN DKI Jakarta – Jawa Barat pada tahun 2023 menangani kondisi jalan nasional di Ruas Tegalbuleud - Agrabinta – Sindangbarang, Kabupaten Cianjur yang mengalami penurunan dan retakan badan jalan akibat tanah ekspansif.

PPK 2.4 Provinsi Jawa Barat Ananto Wibowo, S.T., M.Eng, M.Sc, Ph.D. mengatakan, untuk mengatasi penurunan badan jalan dan retakan badan jalan ini, Satker PJN II Jawa Barat melaksanakan rekonstruksi jalan dengan menggunakan teknologi Geotekstil pada  ruas Jalan Tegalbuleud - Agrabinta – Sindangbarang.

“Perbaikan struktur jalan dengan teknologi Geotekstil untuk mengatasi permasalahan penurunan badan jalan dan retak-retak akibat tanah ekspansif khususnya di ruas Tegalbuleud - Agrabinta - Sindangbarang Lokasi penanganan Ruas Tegalbuleud - Agrabinta - Sindangbarang STA 23+400 sampai dengan 23+900,” kata Ananto kepada Medikomonline.com, Jumat (22/9/2023).

PPK 2.4 Provinsi Jawa Barat melaksanakan rekonstruksi jalan dengan menggunakan teknologi Geotekstil pada  ruas Jalan Tegalbuleud - Agrabinta – Sindangbarang STA 23+400 sampai dengan 23+900. (Foto: Ist)

Dijelaskan Ananto, PPK 2.4 Jawa Barat melaksanakan perbaikan ruas Jalan Tegalbuleud - Agrabinta - Sindangbarang ini dengan panjang penanganan 500 meter.

“Ditargetkan rampung pada bulan Desember 2023. Saat ini progresnya sudah mencapai 49,033 %,” ungkap Ananto.

Perbaikan ruas Jalan Tegalbuleud - Agrabinta – Sindangbarang STA 23+400 sampai dengan 23+900 sangat penting untuk mendukung kemantapan ruas Jalan Tegalbuleud - Sindangbarang – Cidaun yang menjadi kewenangan PPK 2.4 Jawa Barat.

Dengan adanya perbaikan ruas Jalan Tegalbuleud - Agrabinta – Sindangbarang ini akan meningkatkan kenyamanan masyarakat pengguna jalan dan juga para wisatawan menuju wilayah selatan Kabupaten Cianjur yang memiliki banyak objek wisata pantai selatan.

 

Potensi wisata

Wilayah selatan Kabupaten Cianjur memiliki objek wisata pantai mempesona yang berada di Kecamatan Cidaun, Sindangbarang, dan Agrabinta. Pantai Jayanti yang berada di Cidamar, Kecamatan Cidaun memiliki pantai yang indah dengan hamparan pasir yang luas.

Tidak jauh dari Pantai Jayanti, ada juga Pantai Cipanglay yang berada di Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur. Pemandangan sunset di Pantai Cipanglay menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Pantai Batu Kukumung merupakan salah satu pantai yang dipercaya sebagai petilasan Prabu Siliwangi. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang asri dan indah dengan batu karang yang berjajar layaknya sebuah kursi yang dipercaya sebagai tempat ritual Prabu Siliwangi. Pantai Batu Kukumung berada di Cigebang, Karangwangi, Kecamatan Cidaun.

Di Kertajadi, Kecamatan Cidaun juga ada Pantai Ciwidig yang yang menawarkan keindahan alamnya. Di sekitar pantai ini juga banyak pohon jati dan pohon pinus.

Pantai Cigebang di Karangwangi, Kecamatan Cidaun memiliki deburan ombak yang mempesona. Pantai Cigebang ini juga menarik pemandangan sunset-nya.

Muara Cisela juga menjadi salah satu pantai yang sering dijadikan lokasi untuk menangkap ikan. Pantai Cisela berada di Karangwangi, Kecamatan Cidaun.

Di Saganten, Kecamatan Sindangbarang juga ada Pantai Karang Potong. Lokasi pantai yang berada di balik bukit hijau, membuat suasana Pantai Karang Potong terasa alami.

Masih di Saganten, Sindangbarang juga ada Pantai Apra. Pantai Apra merupakan muara dari Sungai Cisadea. Bentang pantai yang lengkap dengan karangnya, dan muara Sungai Cisadea menjadi daya tarik tersendiri.

Pantai  Sereg di Saganten, Kecamatan Sindangbarang juga memiliki pesona yang alami. Alamnya masih asri dan pantai yang bersih.

Pantai Ciujung di Jayagiri, Kecamatan Sindangbarang memiliki pemandangan yang masih asri. Di pantai ini bisa melihat warna jingga yang mempesona ketika sunset.

Di Wanasari, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur terdapat Pantai Lugina yang menawarkan keindahan pantai menyejukkan mata. Letak Pantai Lugina ini masih terbilang tersembunyi. Pantai Lugina menyajikan banyak spot foto cantik yang banyak diburu oleh wisatawan.

Pantai Agrabinta di Sinarlaut, Kec. Agrabinta, Kabupaten Cianjur memiliki suasana yang asri. Deburan ombak pantai ini juga memberikan keindahan tersendiri. (IthinK)

Tag : No Tag

Berita Terkait