Loading

PPK 4.2 Jawa Barat Laksanakan Pemeliharaan dan Beautifikasi Fly Over Pasupati, Selesai Akhir Desember 2023


Penulis: IthinK
8 Bulan lalu, Dibaca : 300 kali


Pelaksanaan pekerjaan Pemeliharaan Jembatan Khusus FO Pasupati. (Foto: Medikomonline.com)

Bandung, Medikomonline.com - PPK 4.2 Jawa Barat pada Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (Satker PJN) Wilayah IV Jawa Barat, BBPJN DKI Jakarta – Jawa Barat  saat ini melaksanakan Pekerjaan Pemeliharaan Jembatan Khusus Fly Over (FO) Pasupati atau yang sekarang dikenal FO Mochtar Kusumaatmadja.

Kepala Satker PJN Wilayah IV Jawa Barat Dr. Dedy Hariadi, S.T., M.T. menjelaskan, pelaksanaan pekerjaan Pemeliharaan Jembatan Khusus FO Pasupati bertujuan untuk pemeliharaan berkala kondisi jembatan serta menambah elemen beautifikasi sebagai salah satu ikon Kota Bandung.

Pelaksanaan Pemeliharaan Jembatan Khusus FO Pasupati selama 152 hari kalender. "Pekerjaan Pemeliharaan Jembatan Khusus FO Pasupati ditargetkan selesai akhir Desember 2023," kata Dedy kepada Medikom di Bandung, Jumat (17/11/2023).

Dari pengamatan Medikomonline.com di FO Mochtar Kusumaatmadja, Bandung, Selasa (10/10/2023), sejumlah pekerja tampak melaksanakan pekerjaan pemeliharaan dan beautifikasi.

Terkait teknis pekerjaan, PPK 4.2 Jawa Barat Saktianto menjelaskan, penanganan FO Mochtar Kusumaatmadja ini dilaksanakan dengan Perbaikan Struktur Beton dengan Inject, Pecing dan Pelapisan dengan FRP, Perbaikan Modular Joint Movement dan Penggantian Deck Drain pada struktur Fly Over.

Kota Bandung yang sangat terkenal sebagai kota kreatif dan kota seni menjadikan Fly Over Mochtar Kusumaatmadja mendapat sentuhan seni pada penanganan tahun ini dengan Pengecatan Pylon dan Cable Stay, Art Lighting dan Pemasangan Ornamen GRC pada Parapet.

"Pemasangan Ornamen GRC dengan menambahkan ornamen tema alam, manusia dan ekosistem berupa ilustrasi air yang menjadi ikon pada semua lambang Kota Bandung dari masa ke masa," kata Saktianto di Bandung, Jumat (17/11/2023).

Ia menambhkan, ilustrasi alam indah yang asri mencerminkan kondisi alam tatar parahyangan ditambah ornamen Burung Cangkurileung dan Bunga Patrakomala yang banyak bertebaran di alam Jawa Barat. Ditutup dengan ilustrasi ornamen manusia Jawa Barat yang berbudaya dan berkesenian, menjunjung tinggi adab interaksi sesama manusia sesuai dengan filosofi Sunda “Someah Hade ka Semah” yang berarti ramah kepada tamu.

Fly Over Mochtar Kusumaatmadja merupakan salah satu ikon Kota Bandung yang membentang sepanjang 2,8 km dari Jalan Dr. Djundjunan hingga Jalan Surapati, Kota Bandung. (IthinK)

Tag : No Tag

Berita Terkait